Bersabar di Depan Pintu Rahmat Allah

Rabu, 10 September 2014



# Manusia terkadang  berada dalam pusaran dosa dan kemaksiatan, karena rapuhnya iman dan ringkihnya ketaqwaan yang ia miliki, karena sungguh manusia bukanlah maksum yang senantiasa terjaga dari kesalahan dan bukan pula makhluq super yang senantiasa suci tingkah laku dan perbuatannya.

Walaupun manusia senantiasa tak luput dari kelamnya dosa dan pekatnya maksiat, tapi ia makhluq yg mempunyai Pencipta yang begitu luas rahmat dan kasih sayang-Nya kepada manusia yang senantiasa mengharap rahmat-Nya.

Inilah yang menjadikan ibadah hendaknya senantiasa bergandengan indah dengan mengetuk pintu Rahmat Alloh dalam doa dan munajat, karena pintu syurga bukanlah hanya didapat dari amalan harian, akan tetapi ia dimasuki dari rahmat yg Alloh berikan kepada hamba yg Ia kehendaki.

Maka siapapun yang bersabar ketika mengharap rahmat Alloh, maka ia akan mendapatkanya.

Al Fudhail bin 'Iyadh rahimahullah berkata:
"Aku belajar kesabaran dari seorang anak kecil. Suatu ketika aku pernah berjalan ke masjid. Aku mendapati seorang wanita di dalam rumahnya
sedang memukuli anaknya. Anak itu berteriak, lalu membuka pintu dan kemudian lari. Maka wanita itu pun mengunci pintu rumahnya... Tatkala aku pulang (dari masjid), aku (kembali)
memperhatikan. Aku mendapati anak itu telah tertidur di dekat daun pintu sesudah menangis beberapa saat. Dia sedang berharap belas kasihan ibunya. Maka luluhlah hati sang ibu lalu ia pun membukakan pintu untuk anaknya."

Kemudian Fudhail bin 'Iyadh rahimahullah
menangis sampai air matanya membasahi
jenggotnya. Beliau berkata:
"Kalaulah seorang hamba bisa bersabar di depan pintu (rahmat) Allah, niscaya Allah akan membukakan pintu itu untuknya."
Abu Darda' radhiyallahu berkata:
"Bersungguh-sungguhlah dalam memanjatkan doa, karena siapa yang banyak mengetuk pintu (rahmat Allah), niscaya pintu itu akan dibukakan untuknya." (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah 6/22)

Barokallah fikum
La tansana min duaikum

Copyright @ 2013 Assaabiquun. Desain atas kerjasama Rizki Adriadi Ghiffari | Rizki Adriadi Ghiffari