Panen Pahala Meski Sakit

Kamis, 29 Mei 2014

Saudaraku…
 
Engkau ingin panen pahala meski engkau tengah sakit? jika jawaban anda, “ Ya”, maka rajin-rajinlah anda beribadah selagi anda sehat.
 
Rasulullah  صلى الله عليه و سلم bersabda,
 
إِذَا مَرِضَ الْعَبْدُ أَوْ سَافَرَ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيمًا صَحِيحًا
 
“Bila seorang hamba sakit atau dalam perjalanan jauh maka akan dituliskan (pahala) seperti saat ia beramal di rumah dan dalam keadaan sehat”. (HR. al-Bukhari)
 
Saudaraku…
 
Sabda Nabi  صلى الله عليه و سلم di atas memberikan beberapa pelajaran berharga kepada kita, di antaranya :
 
1. Seorang muslim ketika mengerjakan amal kebaikan saat sehat, maka ketika sakit dituliskan pahala yang sama layaknya ia mengerjakan saat sehat.

2. Demikian pula musafir, dituliskan pahala kebaikan yang ia kerjakan saat berada di rumah (tidak bepergian jauh)

3. Besarnya karunia Allah kepada para hamba-Nya dengan memberi pahala bagi mereka atas kebaikan yang mereka kerjakan dan yang tidak bisa mereka perbuat

4. Himbauan untuk kontinyu dalam ketaatan saat sehat dan berada di rumah agar mendapatkan pahala ketaatan tersebut ketika sakit dan safar

5. Syaikh Abdurrahman bin Nasir as-Sa’di di dalam Bahjatu Qulubil Abror, hal. 79 mengatakan, “Orang yang selalu berniat untuk berbuat baik kemudian harus mengerjakan ibadah lain yang lebih utama sehingga tidak bisa mengerjakan keduanya sekaligus, ia lebih pantas lagi dicatat mengamalkan amal ibadah yang tidak bisa ia kerjakan”.

Semoga kita selalu mendapatkan taufiq dari Allah 'Azza wa Jalla.. Dan semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Copyright @ 2013 Assaabiquun. Desain atas kerjasama Rizki Adriadi Ghiffari | Rizki Adriadi Ghiffari