Indahnya Akhlak Rasulullah

Selasa, 24 Juni 2014

Saudaraku...
Anda tentu tahu, siapa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam? Beliau adalah Nabi yg penuh dengan kasih sayang, utusan Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Seluruh dakwah beliau adalah rahmat, kasih sayang dan kebaikan. Allah ta’ala berfirman,

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu”. (QS. Ali Imron : 159)
 
Saudaraku...
Hisyam Muhammad Sa’id Barghisy dalam bukunya, “A’zham Insan arafathu al-Basyaririyyah, akhlaquhu wa kaifa Nuhibbuhu wa Nanshuruhu” mengatakan, “Di antara bukti kasih sayang beliau, adalah manakala seorang pemuda datang kepada beliau meminta izin utuk berzina, di mana diriwayatkan dari Abu Umamah -radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, "Seorang anak muda datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu berkata, "Wahai Rasulullah, izinkan aku berzina".

Maka orang-orang mendekatinya dan menghardiknya, mereka berkata kepadanya, “Diam”. Maka nabi bersabda, "Mendekatlah.“ Anak muda itu mendekat , Nabi bertanya kepadaNya, “Apakah engkau suka hal itu terjadi pada ibumu? Sang pemuda menjawab, "Tidak demi Allah, wahai Rasulullah, aku rela Allah menjadikan diriku tebusan demi dirimu". Nabi bersabda, orang-orang pun tidak menginginkan itu terjadi pada ibu mereka”.
Kemudian beliau juga menyebutkan hal yg sama berkenaan dengan anak perempuan, saudari, dan bibi, maka semua itu dijawab dengan jawaban yg sama oleh pemuda tadi.

Lalu Nabi meletakkan tangan beliau di dadanya seraya berdoa,
 
اللَّهُمَّ اغْفِرْ ذَنْبَهُ وَطَهِّرْ قَلْبَهُ وَحَصِّنْ فَرْجَهُ  
 
“Ya Allah, ampunilah dosanya, bersihkanlah hatinya dan jagalah kemaluannya”.
 
Maka setelah itu anak muda tersebut tidak menoleh kepada (keinginan itu, keinginan untuk berzina) sedikitpun". (HR. Ahmad. Dishahihkan oleh al-Albani)

Copyright @ 2013 Assaabiquun. Desain atas kerjasama Rizki Adriadi Ghiffari | Rizki Adriadi Ghiffari